Posted by : Unknown Sunday 1 February 2015

Halo Masta...
Neko mau membagi beberapa Informasi buat para Masta yang ingin mengambil pekerjaan entah itu lulusan SMA atau Sarjana. Walau pun bisa dibilang Neko belum pernah kerja atau bahkan melamar pekerjaan (dilamar aja belum :'v) karna Neko masih belajar di SMA kelas 3, tapi karna beberapa masukin dari guru dan beberapa bacaan dari Google maka Neko memberikan beberapa pengalaman untuk para Masta.

Kenapa kita harus kiat dalam mendapat pekerjaan? Kenapa kita harus mempersiapkan beberapa hal? Kenapa wawancara itu sangat penting? Apa saja yang harus saya Hindari dan saya Jalani untuk lancar dalam Interview?
Mungkin dari beberapa pertanyaan itu ada yang menghantui pikiran Masta, dan sering bertanya-tanya apa saja jawabannya. Dan sekarang Neko akan memberikan beberapa hal yang diperlukan dan hal yang harus di hindari menjadi seorang karyawan.


Pertama kali yang harus kita lakukan adalah Persiapan. Mempersiapkan diri dan mencari tau apa saja yang harus kita lakukan terlebih dahuli dan mengetahui apa saja yang akan kita laksanakan nanti yaitu :
  1.  Iklan Lowongan, kita bisa mendapat informasi lowongan pekerjaan dari Koran, Majalah atau Situs-situs Web yang ada ( Contohnya : Loker.web.idJobstreet.co.id, Jobindo.com dan Karir.com)
  2. Surat Lamaran Pekerjaan, untuk yang satu ini buatlah surat lamaran pekerjaan yang Individu! bukan yang bisa dipakai untuk Umum, karna terkesan kita mencontek dan Mengcopypaste karya orang
  3. Test Tertulis dan Interview
  4. Test Kesehatan
Setelah kita sudah dapat gambaran apa saja yang harus kita siapkan, pasti kita bertanya-tanya apa saja Tujuan dari Interview atau Wawancara, berikut adalah tujuan dari Wawancara.
  1. Untuk mengetahui kepribadian pelamar
  2. Mencari Informasi Relevan yang dituntut dalam persyaratan Jabatan
  3. Membantu Perusahaan untuk mengidentifikasikan pelamar-pelamar, yang layak untuk diberikan penawaran kerja
Persiapan sudah, lalu kita juga sudah tau apa saja penggambaran tentang Tujuan Wawancara. Berikutnya adalah hal yang Paling ANTI atau hal yang harus kita hindari saat Wawancara.
  1. Bersikap Angkuh,  Defensive, Agresif
  2. Gugup
  3. Tidak terlihat Antusias atau Tertarik dengan Materi pembicaraan yang diajukan pewancara
  4. Tidak bisa berdiplomasi dan kurang bica bersopan santun
  5. Tidak fokus dalam menjawab pertanyaan atau pembicaraan pewancara
Saat  kita sudah tau apa saja yang harus kita hindari saat Wawancara, kira-kira apa saja Kiat Sukses dalam Wawancara? Nah, berikut adalah Kiat Sukses Wawancara :
  1. Kesan pertama saat wawancara buatlah menjadi Good Looking, agar pewancara memberi kita nilai plus tersendiri
  2. Jangan Berbohong, katakan dengan Jujur tapi tidak berlebihan dan sampai membuka aib kita
  3. Siasati setiap pertanyaan sepele, misalnya seperti Hobi, Alamat, Status, dan lainnya. Kita hanya perlu untuk menjawab seadanya tidak perlu dilebih-lebihkan kalau bisa cari jawaban yang tidak bisa dibalas lagi oleh pewancara
  4. Mengetahui Profil Perusahaan, walau sedikit cari taulah Profil tentang perusahaan yang anda ajukan lamaran pekerjaan. Seperti bekerja dibidang apa, apa saja yang dilakukan dan hal yang dasar.
  5. Menjawab dengan Plesetan ringan
  6. Hati-hati dengan Jebakan
  7. Jangan terpengaruh oleh sikap pewancara

Dan yang terakhir adalah Tips Melamar Pekerjaan (bukan melamar anak gadis orang)
  1. Lamar pekerjaan yang anda minati dan yakin mampu melaksanakan.
  2. Buatlah surat lamaran yang terkesan individual/personal khusus untuk perusahaan yang dimaksud jangan membuat surat lamaran yang sudah diformat secara standard atau meniru /jiplak mentah-mentah dari buku.
  3. Surat lamaran maksimal hanya satu halaman, selalu disertai resume/ C.V. (curriculum vitae) anda dan memberi impresi pertama yang positif tentang anda.
  4.  Resume /C.V. anda sebaiknya memberi detil tentang dirimu mencakup latar belakang pendidikan, ketrampilan-ketrampilan yang anda miliki, pengalaman kerja ( full-time atau part-time atau free lance yg memberi anda kompetensi tertentu untuk melakukan suatu pekerjaan ), aktivitas (organisasi, masyarakat, olah raga ,dsb) dan prestasi – prestasi ( disekolah maupun luar sekolah) yang pernah anda raih. 
  5. Ciri resume / C.V. yang baik adalah : rapi, simpel, jujur dan akurat . Sebaiknya bersih dan disusun agar penyampaian informasi menarik dan mudah dibaca. Berilah jarak ( margin) pada semua sisi resume/c.v anda sebesar 1″ ( minimal 1/2″ kalau anda kekurangan space untuk mengisi informasi tentang diri anda.) Bagian putih ini membuat resume anda menarik, bersih dan mudah dibaca sekaligus memberi tempat bagi pembaca untuk membubuhkan catatan langsung pada resumemu. Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamarannya.
  6. Proof read ulang surat lamaran dan resume/C.V. anda Pastikan bahwa tidak ada kesalahan Tipografis, tatabahasa/ grammar, bahasa yang diulang-ulang/repetitif, layout yang kurang rapi (miring atau tidak lurus) ataupun kesalahan lain. Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan.
  7. Silahkan membaca buku/literatur yang tersedia di toko-toko buku. Banyak yang mengulas cara-cara dan kiat yang efektif dalam menulis surat lamaran , resume/C.V. maupun wawancara.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.

- Copyright © My World - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -