Posted by : Unknown Friday 7 November 2014

Malam Masta OwO)/
Neko iseng-iseng ngajukan pertanyaan kesalah satu Fanpage yang lagi buming dianak-anak Roleplay, mungkin bagi para Masta yang pernah main Roleplay tau apa itu Roleplay.
tapi untuk beberapa yang belum tau Roleplay itu dimana seseorang meniru atau bahkan memparodikan (yang akhirnya suka OOC) seorang tokoh, entah itu tokoh anime, film, GB/BB dan sebagainya. dan Roleplay sudah berjamur bagi para pecinta Jejepangan dan Kokorean .__.)/

mungkin bagi para Masta yang aktif dalam jejaring soal pasti tau, salah satu Fanpage yang ada di Facebook yang sedang mengkritik anak-anak Roleplay yang sering OOC atau Out Original Character, yang membuat Character yang disuka menjadi ..... (Neko gak sanggup harus ngomong apa .A.) dan nama Fanpage itu sendiri Ini Roleplay? seperti namanya, yang menanyakan apa Roleplay seperti itu? memang Roleplay untuk bersenang-senang tapi bila kelewatan dalam memerankan Character itu sungguh .___________.)'
*diam sesaat sampai semua berjamur*

oke  ( = 'w' = )
mungkin sekarang kita kesesi tanya jawab yang Neko buat kepara admin Ini Roleplay, dan terima kasih untuk admin D dan Admin R'llhor. pertama-tama jawaban dari admin D

1.apa alasan Co-admin buat page ini?
 Jawab : buat nyari bahan sih, kita juga sebenernya beberapa bahan dapet dari Rplayers(liker kita).

2.menurut Admin bagaimana dengan anak-anak pr sekarang dan dulu?
 Jawab : kita gak bisa bilang banyak, karna kembali ke grup rp masing", karna kita gak bisa menarik garis besar dari arus rp yg ada. dan tiap grup punya plus mines sendiri.

3.apa menurut para admin cara menyidir itu baik untuk membuat para anak rp yang ababil sadar?
 Jawab : baik atau enggak itu relatif, tapi kita sendiri hanya mencoba menyadarkan, dan sisanya hanya untuk kesenangan para admin.

4.kalo misalnya (ini yang paling amit-amit .___.) page ini beneran dihacker sama anak yang ngaku hacker atau dilaporin kepihak facebook, apa tindakan kalian selanjutnya?
 Jawab : BIKIN PAGE BARU BROHHH
ya kita bikin ulang page, karana data konten juga udah di back up.


5.apa para adimin page ini pernah main rp? dan kira-kira berapa lama berkecimpung digrup rp? .-.
 Jawab : jelas pernah dong, kalau enggak gimana kita bisa mengkritisasi rpnya?

6.lebih mendingan mana rp indonesia apa luar negri?
 Jawab : indonesia dong, cinta produk negri. tapi masing-masing punya plus minusnya, rp indo ya jelas lebih mudah, karna bahasa ibu, sedangkan rp luar negri lebih sulit karna "mikir"nya harus 2x dari bhs. indonesia ke bhs. yang dipakai.

7.bagaimana tanggapan kalian tentang anak rp yang sering, err.. kaya menawarkan diri buat nyari pasangan dan temen?
 Jawab : menawarkan diri untuk menjadi partner RP itu sah sah saja, asal gak melebihi batasan yang ada dan natural, jadi pas diumumin dan dapet gak langsung pacaran OC/Characternya, semua kan butuh proses.

8.apa menurut kalian menyenangkan saat memiliki haters tersendiri? atau malah jadi hiburan tersendiri?
 Jawab : Bukanya kita mengharapkan adanya haters, tapi karna ada, dibawa seneng aja, have fun while it last.

9. apa para admin pernah jadi salah satu dari mereka yang disindir? xD
 Jawab : kita dalam inner circle admin terbuka, jadi kalau ada rasa gak nyaman ya bilang, dan kadang kita juga suka becanda ke satu sama lain soal RP" kita.

10. para admin ini sebenernya tidak suka karna tingkah mereka yang OOC, atau karna mereka lebay? atau takut char anime admin dibuat OOC? .3.
 Jawab : Cenderung ke orangnya sih, dimana orang" RP untuk atensi. tidak menghargai esensi dari RP sendiri. Role Playing. dan buat kami itu tidak menyenangkan. karna kami para admin. mengangap itu sesuatu yang lebih, sebuah passion dan hobi.

kami para admin berngakat dari grup RP yang dituntut untuk membuat OC(original character), bukan dari Anime jadi lebih ngulik teknis dan hal" mendalam dari RP. bukanya apa. kalau mengambil dari karakter Anime kan kesannya sudah ter-"set". sedangkan OC memiliki kebebasan tersendiri.


Makasih buat Admin D untuk jawabannya '3'
sekarang kita ke Admin
R'llhor, berikut jawaban darinya

1.apa alasan Co-admin buat page ini?
 Jawab : karena sebenarnya saya sedikit miris lihat roleplay sekarang terutama yang di area lokal indonesia, dimana mereka hanya numpang nama OC atau char anime, tapi sifatnya sifat mereka, tak bisa membedakan mana yang IC mana yang OOC. sekaligus sosialisasi secara sedikit sparta sih, karena saya sendiri pernah mencoba mensosialisasikan rp yang baik dan benar di group-group yang 'rada rusak' malah dicuekin, kebanyakan tidak membaca, ataupun kalau mereka membaca, belum sampai habis sudah sakit hati, atau balas reply "numpang lewat" sama "nyimak gan"

karena mereka sudah tidak bisa di beritahu secara halus, saya sih setuju saja kalau di beri didikan sedikit keras. walau kebanyakan yang disini condong arah satir dan mengajak tertawa dengan kritikan.

karena kalau seseorang anti terhadap kritik, orang tersebut gak akan bisa maju, karena mereka akan tetap stagnan pada kondisi awalnya. dalam kasus ini tetap RP gaje ria. Tapi semenjak page ini berdiri lambat laun banyak yang belajar kan, jadi why not?

2.menurut Admin bagaimana dengan anak-anak pr sekarang dan dulu?
 Jawab : Saya jawab berdasar pengalaman saya ya anak-anak Roleplay yang dulu membuat saya jatuh cinta ke dunia ini, kebanyakan santai disaat chat biasa, (waktu itu masih pakai yahoo mesenger) sama forum-forum di Zetaboard. dan tulisan dari roleplay mereka seperti narasi sambung menyambung, walau memang drama selalu ada sih, pernah ada forum RP yaoi yang akhirnya bubar karena foundernya berantem, juga ada saja yang merasa menjadi 'pacar' dan menempatkan dirinya di posisi character yang mereka mainkan jadi ada yang bilang "dia pacar aku, char-nya udah couple'an sama aku graooooooo" macem itu. tapi secara garis besar, RP di awal saya tertarik masuk benar-benar bagus sih.

bukan berarti RP sekarang jelek, gak kok, ada banyak RP group bagus, disini, tumblr, maupun DA, yang walaupun tidak sepenuhnya literate, tapi konsep mereka tertata rapi dari latar dunia, maupun konflik konfliknya, bahkan sampai bertahun-tahun awet dan para authornya sudah seperti keluarga besar walau berada di kubu musuhan pas RP. sekarang tinggal pintar2 pilih group dan pintar mensosialisasikan RP yang baik aja.

3.apa menurut para admin cara menyidir itu baik untuk membuat para anak rp yang ababil sadar?
 Jawab : Balik ke no 1, sudah saya jelaskan disana.

4.kalo misalnya (ini yang paling amit-amit .___.) page ini beneran dihacker sama anak yang ngaku hacker atau dilaporin kepihak facebook, apa tindakan kalian selanjutnya?
 Jawab : Bikin page lagi cuman butuh beberapa menit dan data-data kita sudah terarsip kok. masalah likersnya dikit gak kayak page awal? kita ndak butuh likers, kita butuhnya media buat sosialisasi good rp with lots of satire , dan kita sendiri ga nyangka bisa dapat banyak like padahal belum seminggu ini page

5.apa para adimin page ini pernah main rp? dan kira-kira berapa lama berkecimpung digrup rp? .-.
 Jawab : saya pertama kali terjun ke dunia RP 2009 sih, bertepatan sama nyari bahan nulis novel fiksi fantasy saya, sampai sekarang. dulu main di Zetaboard, (2009-2011) Tumblr (2011 akhir - 2012), Facebook (2012-sekarang)

6.lebih mendingan mana rp indonesia apa luar negri?
 Jawab : Luar Negeri sama Dalam negeri sebenernya sama sih, baik di luar maupun di dalam negeri sama banyak good roleplayer, bad roleplayer, tinggal gimana kita nyikapinnya. kebetulan waktu di tumblr saya main di forum luar negeri, dan sempat ber-rp dengan 3 char 'marry sue' sih. tapi literate roleplayer di luar itu lebih dewasa, dalam artian mereka tidak begitu grammar nazi yang penting standar english udah readable

7.bagaimana tanggapan kalian tentang anak rp yang sering, err.. kaya menawarkan diri buat nyari pasangan dan temen?
 Jawab : Menurut saya (R'llhor) itu hal lumrah walau terus terang saja, sedikit banyak "Attention whoring" sih. Ayolah, daripada berkata "Siapa mau jadi CP aku, siapa mau jadi temen aku?" lebih enak jika langsung terjun ke RP, berinteraksi sebagai char yang kita mainkan, persahabatan sama cinta bisa tumbuh dan datang sendiri. udah kebukti kok, soalnya banyak dari Char yang saya mainkan dapet jodohnya malah ga terduga. terus para emaknya (Authors) bikin plot bareng, sampai saling sebut besan =)))

8.apa menurut kalian menyenangkan saat memiliki haters tersendiri? atau malah jadi hiburan tersendiri?
 Jawab : haters? ah sebelum page ini ada juga tiap manusia punya haters kan, sebaik apapun kita, kita ga mungkin bisa nyenengin semua orang. jadi dianggep santai aja.

9. apa para admin pernah jadi salah satu dari mereka yang disindir? xD
 Jawab : puji lord of light, saya belum termasuk yang disindir, tapi kalau iya, mungkin dilabelin "Elitist Roleplayer" hahahha... I take that as credit tho,

10. para admin ini sebenernya tidak suka karna tingkah mereka yang OOC, atau karna mereka lebay? atau takut char anime admin dibuat OOC? .3.
 Jawab : kembali ke poin 1. dan sedikit tambahan, oh ayolah, kita semua gak suka kalau lihat artis sinetron yang aktingnya nanggung ceritanya tidak jelas, dan tiba-tiba muncul ganteg-ganteng kucing garong atau nagaterbang dan setting antah berantah tapi ada mobil plat B sama kastilnya model rumah mewah sewaan shooting di tv ikan terbang.

kalau dicermati RP gaje, pasti ga ada bedanya dengan tayangan yang sering di caci maki netizen sini sebagai acara lebai ga mendidik kan? nah sekarang kita udah muncul buat "bitchslap" secara keras sama mereka yang gaje tapi merasa ga bersalah sama sekali. sering kali ada yang bilang, "Ini roleplay gue, gaje-gajenya ya gue sendiri dong, pret lu lebai."

padahal itu kalau dipikir-pikir such waste of time lho, coba sesekali roleplay dengan baik, itu bakal mengasah imajinasi, sekaligus bagaimana menuangkan imajinasi itu dalam bentuk lebih baik, bukan sekedar kepuasan diri sendiri, tapi bisa membuat orang lain tertarik membaca. jujur saja daripada melihat sinetron abal yang scrip writernya kayak abis ngelem aibon, kita lebih memilih membaca harry potter atau nonton film yang lebih waras kan,

roleplay yang baik itu efeknya juga baik kok buat kreativitas kita. selamat mencoba.


begitulah jawaban sang Admin owo
sebenarnya Roleplay itu baik, asal kita bisa membagi waktu antara dunia nyata dan dunia maya.
buatlah Roleplay itu untuk membuang Stress bukan untuk kebutuhan para Masta 'w'
dan di Fanpage Ini Roleplay juga ada Catatan tentang Serba-serbi Roleplay
, berikut catatannya

ROLEPLAY IN A NUTSHELLS

Sebuah Panduan Roleplay dari Roleplayer untuk Roleplayer
(by R’llhor)

1.   Apa sih Roleplay itu?

Secara harafiah, Roleplay berarti ‘bermain peran’ jadi jika kita memainkan sebuah karakter, baik itu karakter yang telah ada maupun karakter ciptaan kita sendiri, berarti kita sedang melakukan Roleplay. Secara luas Roleplay bisa diterapkan dalam beberapa bidang termasuk pendidikan, karena terkadang seorang pengajar bisa mencoba memerankan salah satu tokoh sejarah dalam persentasinya di kelas, maupun penutur cerita yang tengah memerankan salah satu tokoh dalam bacaannya pada pendengar.

Yang kita bahas disini adalah Roleplay  dalam artian khusus, yaitu bermain peran yang menggunakan karakter baik yang telah ada maupun rekaan kita sendiri (OC) yang dilakukan dengan cara berinteraksi dengan karakter yang diperankan oleh orang lain, dalam sebuah forum atau social media.

Pemain Roleplay atau yang menggerakan karakter disebut Roleplayer, atau bisa juga disebut Au (Author) karena mereka adalah ‘pengendali’ boneka bernama OC / Char tersebut.

2.    Bagaimana cara ber-roleplay?

Roleplay dapat dilakukan saat karakter yang kita perankan tengah melakukan interaksi dengan karakter lain, namun juga ada batasan dan aturan dasar yang tak boleh dilanggar demi menjaga kelancaran Roleplay dan menghindari “drama” berlebih, atau terjerumus dalam lembah ‘Bad-Roleplayer’.

3.    Aturan dasar dan batasan dalam Roleplay

Hal-hal dasar  akan di bahas dalam bagian ini beserta aturan aturan dasar dalam ber-roleplay yang baik. Karena roleplay bukan hanya sekedar kita asal bermain peran dan membuat karakter kita melenceng jauh. Hal-hal dasar dan batasan dalam Roleplay antara lain dibawah ini:  
1. Headcanon
Headcanon disini berarti garis besar karakter yang akan kita perankan.

Pada karakter canon (karakter yang sudah ada dari sebuah fandom, misal Eren dari SNK, Jotaro Kujo dari JJBA) Headcanon merupakan pendeskripsian ulang dari karakter tersebut, dan diusahakan harus sedekat mungkin dengan cerita aslinya. Karena secara pribadi, saya juga sedikit tidak suka dengan karakter canon yang terlalu melenceng jauh dari cerita aslinya.

Pada karakter rekaan kita sendiri (OC) usahakan kita memberi detail yang pas untuk OC tersebut, mendeskripsikan masa kecil secara singkat, saat tumbuh dan konfliknya, hingga ia menjadi karakter yang saat ini kita mainkan.
Contoh Headcanon

 (Saya ambil dari salah satu OC saya sendiri )

Name: Nikolas Erminhild Drakeclaws (Nikolae)
Age: 33
Side: Silver Rosary.
Status: Deceased.
Additional Info:
Wife : Illeana Constantinescu (Deceased).
Son: Adrian Constantinescu Drackeclaws (Alive).

Merupakan putra pertama dari Johann Alastair von Drakeclaws, sang ilmuan eksentrik Silver Rosary dengan Bridget Erminhild, putri pertama keluarga pemburu penyihir kawakan di Saxony. Nikki kecil, tumbuh dalam lingkungan pemburu vampire dan mahluk kegelapan lain, dilatih untuk memiliki kebanggaan pada siapa dirinya, beserta tugas mulia yang mereka lakukan, melindungi manusia dari kaum bayangan. Ia mendapat pengetahuan lebih tentang persenjataan, bahasa kaum darah murni vampire, serta bagaimana cara melacak para lord yang menyembunyikan kastil mereka dalam kabut, dari sang Ayah. Di lain pihak, sang ibu membekalinya dengan ilmu beladiri, terutama tombak, karena sang anak akan mewarisi senjata suci turun temurun keluarga Drakeclaws cepat atau lambat, menggantikan sang ayah yang lebih senang berdiam diri dalam perpustakaan dibanding turun ke lapangan membasmi vampire.

Ketika ia menginjak usia remaja, Nikolas memilih mengembara dari satu desa ke desa lain, melacak hunting ground dari para vampire seorang diri, karena membawa banyak anggota silver rosary, menurutnya hanya akan memperlambat gerak. Terlebih kostum konyol silver rosary membuat mereka terlihat seperti merak jantan yang memberi tahu tiap mata yang melihat, bahwa mereka ‘pemburu’. Ia lebih memilih mengenakan baju lusuh, topi usang, boots kulit keruh, sebuah tin whistle, dan tombak yang dibalut kain usang bercampur alas tidurnya. Menggunakan nama Nikolae, ia sering terlihat bersama rombongan gipsi maupun kaum gitana yang mengembara sembari memainkan musik, menceritakan kisah-kisah kuno dalam sajak.

Nikolae, menetap di salah satu desa yang terletak diantara bukit Carpathia, saat mendengar kabar burung salah satu kandidat vampire lord berada tak jauh dari sana, menyembunyikan kastil megah mereka diantara pepohonan dan kabut dengan sihir, dan mengambil anak-anak perempuan penduduk, sebagai santapan sehari-hari. Nikolae memberi tahu siapa sebenarnya dirinya pada kepala desa, namun permintaan Nikolae untuk membawa beberapa orang silver rosary ditolak, karena sang kepala desa tak memiliki koneksi dengan Vatikan yang melindungi Silver Rosary. Berada di lingkungan Orthodox, serta bukti-bukti yang semakin kuat menunjukkan vampire yang berkuasa di Carpathia Nikolae terpaksa menghadapi sang vampire lord seorang diri. Ia meninggalkan surat untuk istrinya, yang tengah mengandung anak pertama mereka, untuk meminta perlindungan gereja jikalau kemungkinan terburuk ia tak kembali terjadi, dan meminta ia menyimpan ‘buntalan usang alas tidurnya’ di bawah tempat tidur, sebagai hadiah untuk anak yang akan lahir nanti.

Nikolae tak pernah kembali sejak memasuki hutan milik salah satu kandidat vampire lord, dan dinyatakan meninggal terhormat sebagai seorang ksatria silver rosary.  Illeana dan putra mereka hidup dalam lindungan kepala desa dan gereja setempat karena keluarga Nikolae menolak fakta putra mereka menikahi seorang gipsi yang bahkan lebih condong ke arah penyihir, dan menganggap anak Illeana bukanlah Drakeclaws murni.

Illeana meninggal saat putra mereka Adrian berusia 10 tahun, akibat serangan dari vampire lord sama yang membunuh ayahnya. Semenjak saat itu, Adrian bersumpah akan membalas kematian keduanya, sekaligus memenuhi panggilan darahnya sebagai Drakeclaws terakhir, satu-satunya pelindung manusia dengan kaum kegelapan.

2. Jenis-Jenis roleplay: One Liner, Literate, Open and Closed RP
Secara umum roleplay terbagi menjadi one liner dan literate, serta post roleplay tersebut terbuka untuk semua orang (Open RP) atau tertutup hanya untuk orang orang tertentu (Closed RP).

Dalam forum RP di luar social media (Facebook, Tumblr, Twitter) Roleplay yang kebanyakan dipakai adalah literate, atau yang menggunakan paragraf dengan jumlah bervariasi, dibandingkan one liner atau yang disebut sebut, membalas hanya dengan kata-kata singkat.

Kubu one liner dan literate sudah terlalu sering berselisih menegai mana yang lebih bagus dalam ber-RP, karena kubu one liner kadang dianggap merusak citra RP dengan balasan asal-asalan mereka, sementara kubu literate kadang dituduh sebagai sumber grammar nazi atau menggunakan kata secara berlebih. Secara pribadi saya menyukai gaya RP manapun, baik one liner atau literate, walau untuk Roleplay serius saya lebih menyukai penulisan dengan paragraf karena tertantang untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dalam memerankan karakter dan itu saya peroleh lebih baik dengan literate atau paragraf RP.

Baik One liner dan Literate juga memiliki aturan yang sama dalam ber-RP, karena jujur saja kalau kita mengetik dengan penjiwaan, dan dibalas hanya kata “Ok.” Atau “Hihihi.” Begitu saja tanpa ada penjelasan tentu saja kita ingin membanting monitor atau melempar seseorang dalam sumur kan?

Dalam sebuah RP yang baik, pahami partner kita dan saling melengkapi, misalnya jika ia seorang one liner, usahakan kita tidak memaksa dengan membalas paragraf begitu detail dan panjang lebar hingga partner kita ‘takut’ untuk memberikan balasan karena ia tak terbiasa menggunakan paragraf panjang atau memiliki keterbatasan kosakata. Jadilah Roleplayer yang baik dalam bermain dengan artian tak memaksakan harus beberapa paragraf atau harus cepat membalas post hingga hanya memikirkan satu dua patah kata.

Jika kalian memiliki partner yang terbiasa roleplay secara one liner dan kalian adalah paragraf /literate Roleplayer, jalan tengah yang bisa dipakai adalah menggunakan sedikitnya dua-tiga baris kalimat, baru bertahap jika partner sudah bisa mengikuti pace kita.

  •  One Liner
Merupakan RP post yang hanya satu baris, bisa terdiri dari satu atau lebih kata, maupun kalimat. RP ini biasa digunakan pemula atau yang ingin pace /(gerak) roleplay secara cepat dan dinamis, misalnya untuk RP ringan atau RP dengan banyak karakter sekaligus. Banyak yang menganggap RP jenis ini sedikit buruk atau masuk golongan peasants dalam dunia RP, dikarenakan banyak Roleplayer yang malah merusak ‘RP’ dengan post tidak niat dan terkesan ‘asal post’ yang penting have fun tanpa memikirkan apakah karakter yang dimainkannya OOC atau tidak. Sebenarnya one liner termasuk RP yang enak digunakan untuk cerita spontan dan ringan tergantung bagaimana kita mampu membawa karakter kita, jadi bukan asal satu kalimat.
Contoh One Liner yang baik:

Adrian: “Aku adalah Drakeclaws terakhir, ini sudah takdirku, takdir pendahulu-pendahuluku, untuk mencegah kegelapan menelan cahaya, jika ayahku tak mampu melakukannya, maka beban itu terwariskan dipundakku.”

Vlad: “Kau bukan ayah atau kakek buyutmu, Adrian hentikan kebodohan ini. Menghancurkan grail itu hanya akan membuatmu mengeluarkan dominus secara sempurna dan merusak tubuhmu sendiri...ini bukan perangmu, ini antara aku dan Arcana, aku yang akan menyelesaikan panggung yang ia buat tujuh ratus tahun lalu.”

 Contoh one liner yang kurang baik:

Adrian: *lempar tombak*

Vlad: *menghindar*

 Adrian: *hancurinmelon* aq kan kmbli bsk. #terbangmenghilang

 Vlad: *diem* jgn kmbli setan silver rsry.

 Adrian : -tak lama kemudian-

 Adrian: - batuk-

 Adrian: -pingsan-

 Adrian: -tak sadarkan diri-

Tentu saja kita akan sakit hati kalau post serius kita dibalas asal-asalan dan dengan kalimat sms kan? Karena kita sudah berusaha menjiwai, jadi usahakan menghindari contoh one liner yang buruk diatas, karena roleplay justru mengasikkan karena kita totalitas dalam memainkan karakter kita kan.

  •  Literate Roleplay
Seperti namanya, Literate roleplay menggunakan rangkaian kalimat dalam sebuah paragraf atau lebih untuk membalas satu post. Roleplay jenis ini banyak digunakan di forum-forum RP luar negeri, dan juga di kalangan roleplayer yang telah lama berkecimpung di dunia RP yang ingin memberikan lebih dari sekedar percakapan antar karakter. Dalam literate RP kita ditantang untuk mendeskripsikan latar tempat RP, suasana, maupun ekspresi dari karakter kita saat berinteraksi, jadi bukan sekedar asal banyak kalimat banyak diksi banyak majas metafora melainkan lebih dari bagaimana kita menghidupkan OC maupun karakter lain yang kita mainkan hanya bersenjata barisan kata.
Contoh Literate yang kurang baik:

 Ps: saya ambil dari RP post dengan seseorang yang ajaib di Castlevania RP, saat ia berinteraksi dengan Leon Belmont yang saya mainkan:

Miyu Hiroshima: “ Well, this is my place called ’ Aura Villages ’ and a peoples and monsters are not here ” Miyu answered to her place in the aura villages. A monsters and vampires will be cursed a spell book in the castle into the aurora/aura forest. she blinked to a peoples was nothing here in the aura villages. the new house, blue and red roses and trees to her home in the mansion house but she was quietly and silence. A monsters and vampires was not allowed in this place and she was safe/protected to him. He was talking about to her strange

Miyu didn’t being an ordinary woman/girl but she was being a vampire hunter in the castle corridor and she protected the powerful and strength in her two ancestors ’ Charlotte Aulin - a spell book from the Belnades clan ‘ and ’ Soma Cruz - a sword and blade from the soul body ‘. she noticed the vampire hunter and the sword blade master ( Her being a samurai and ex-knight in the castle, I guess. Her blue eyes and brown hair in her landed. If I started to more information/missions to Aeris’ Quest in the castle corridor ) and she asked to his knight belmont or the belmont’s clan

 “ Yes, I am a vampire hunter with my allies in the castle corridor. I do fighting a vampire lady and a great Dracula in the castle. You should finding a place and land in Rome. So tell me yourself … Are you a Belmont’s clan or a vampire hunter? ”

Leon Belmont (saya): " Yes, I am a Belmont…., but I haven’t pass down my name to anyone…yet, " Leon keep his calm as he realize how bad the situation he driven into.

He come from the past, and ended lost in future. Someone must be casting a powerful spell to make time rift and throw him here, for what reason he still yet to understood.

The hunter however, focusing the matter on Miyu’s problem than his. Something darkness has come to the castle and she’s on a quest to defeat that power alone.

 "You said, you’re fighting a vampire too? Then we’re on the same boat miss miyu. Before I could figure how to escape this time where I didn’t belong too, I will do my best aid you."

 Cuman bisa menjawab sebatas ini karena jujur saya bingung dengan pembuangan kata-kata dan penjelasan yang tidak sinkron dari partner saya, dalam hal ini seolah ia meng-google-translete dari bahasa-nya ke inggris tanpa mengoreksi, dan membuang-buang kalimat yang harusnya bisa dijelaskan lebih mudah. Jika menggunakan Literate RP pastikan kalian juga memahami penggunaan kalimat yang baik dan menghindari contoh yang disebut diatas.

  •  Closed and Open RP
Closed RP adalah roleplay yang hanya diisi dua orang atau orang-orang tertentu tanpa boleh ada campur tangan orang lain. Biasanya digunakan untuk mencegah keluar dari plot yang diinginkan dari dua author pemilik karakter.

Open RP adalah roleplay yang diisi banyak orang, lebih dari tiga author dan memang bertujuan untuk berinteraksi dengan banyak karakter sekaligus. Namun Open RP bukan berarti kita bisa seenaknya ‘melompat’ masuk dalam post, tanpa paham apa yang sedang terjadi, jadi sebaiknya sebelum asuk dalam sebuah open RP kita membaca terlebih dahulu, sampai manakah RP sedang berlangsung.

Misalnya open RP terjadi di sebuah sungai, karakter A sedang bermain air ditepi sungai, dan berinteraksi dengan karakter B yang berada diseberang dan memancing.

Percakapan mereka sudah sampai pada tahap mereka membakar daging ikan dan ngobrol ringan bersama,

Karakter kita C, ingin masuk kedalam RP, kita tidak bisa tiba-tiba ‘muncul’ secara ajaib tanpa ada proses dari mana kita bisa berada di latar itu.

Ok, segini dulu, feel free to share ~

~ V a l a r  M o r g h u l i s ~

Semoga para Masta mulai sadar akan pentingnya berbahasa yang baik dan benar ^^


{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Mau tanya dong senpai~ '-')/ kalau misalnya kita udah baca dan mau join, tapi pas selesai ketik ternyata alurnya udah ganti bagaimana?...
    #Kuma

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

- Copyright © My World - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -